Penulis / NIM
ORIN MADINA / 911410176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Orin Madina, Nim: 911 410 176, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 8 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Yulianto Kadji, M.Si dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Apakah Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 8 Gorontalo.?".
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan korelasional dengan jumlah sampel 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu = 35,10 + 0,49X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (model pembelajaran berbasis masalah), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 0,49 dan ini berarti setiap terjadi perubahan pada indikator model pembelajaran berbasis masalah, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator motivasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Gorontalo. (2) pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.87 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 1.96. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian ini berbentuk linier.(3) pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung =9.03 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 4.04. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa. (4) model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 16% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti kreativitas mengajar guru, media pembelajaran dan variable lainya.
Kata Kunci :Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas