SKRIPSI

Penulis / NIM
JUANDI GOMPI / 911411059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK Juandi Gompi, 911411059, 2016. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) di SMA Negeri 1 Limboto. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ha. Salma A. Bowtha,M.Pd dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud S.Pd. M.Si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan didasarkan pada rumusan masalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperatif integrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar kelas X IS Sedangkan pemecahan masalah yang dilakukan adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) melalui langkah-lengkah pembelajaran yang didasarkanpadateori Huda Miftahul, (2013; 221) Tujuan yang ingin dicapai dalam PTK ini adalah, untuk mengetahui penggunaan Model pembelajaran Cooperative learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IS1 di SMA 1 Limboto, pada pokok bahasan ketenagakerjaan. Analisis dan refleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindakan dilakukan secara berkesinambungan pada akhir kegiatan darisetiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I dari 28 orang siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 75 berjumlah 20 orang atau 71,44%, sedang yang memperoleh nilai kurang dari 75 berjumlah 8 orang atau 28,56%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklusberikutnyayaknisiklus2. Pada siklus ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 28 siswa yang dikenai tindakan 28 orang atau 100% memperoleh nilai 75 keatas dengan nilai rata-rata 80,92%. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi jika digunakan Cooperative learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), maka hasil belajar siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo pada mata pelajaran IPS Ekonomi akan meningkat terbukti dan dapat diterima. Kata kunci : Strategi Question Students Have dan Hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011