SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMATIA RAMONA BAHUA / 911412007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Rahmatia Ramona Bahua, Nim 911 412 007. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI IPS 1 Di Sma Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo". Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si, Pembimbing II Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah Meningkat Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hipotesis penelitian adalah "Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS ekonomi, maka hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa yang memperoleh hasil belajar 80 diharapkan meningkat dari 46.15% menjadi 80%. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negari 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, dengan objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang memperoleh nilai 80 keatas pada mata pelajaran IPS Ekonomi dari 46.15% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hal ini dapat di lihat dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas dengan presentase (44%). Setelah dilakukan penyempurnaan pada siklus II telah mengalami peningkatan dengan presentase (84%) siswa yang tuntas. Sehingga penelitian ini dapat di terima. Kata Kunci: Hasil Belajar Dan Model Pembelajaran Jigsaw.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011