SKRIPSI

Penulis / NIM
APRIYANTI ABDUL / 911412160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ABSTRAK Apriyanti abdul. Nim 911412160. "Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Saintifik Dan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango" Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Di bawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Herwin Mopangga, SE, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan Rumusan Masalah "Apakah terdapat perbandingan hasil belajar siswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Saintifik Dan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu Two Group Post test-Only. Sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yang berjumlah 48 siswa, yaitu 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, tehnik test dan tehnik analisis data menggunakan uji homogenitas varians dan uji t. Hasil penelitian menunjukan, rata-rata Posttest kelas eksperimen 81,58, sedangkan untuk kelas kontrol 76,41, selanjutnya perhitungan pengujian homogenitas varians di uji dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,30 < 2,00. Hal ini menunjukan bahwa data populasi varians bersifat homogen. Sedangkan pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel = 2,53 > 2,41. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan HA diterima berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Saintifik dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran konvensional. Kata kunci : Metode pembelajaran Saintifik, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011