SKRIPSI

Penulis / NIM
ZULKIFLI ABDURRAHMAN / 931409186
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Abstrak
ZULKIFLI ABDURRAHMAN. 931 409 186. Analisis Pengembangan Usaha Ikan Asap (suatu penelitian pada Kelompok Usaha di Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo). Konsentrasi Manajemen Pemasaran , Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Prof, Dr, Yulianto Kadji, M.Si dan Tineke Wolok, ST. MM Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengembangan usaha Ikan Asap dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) untuk mengetahui posisi perusahaan dengan memberikan pembobotan lebih dahulu pada hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisa EFAS (External Strategic Factor Analisys Summary) diperoleh skor total 2,35 yang menunjukan bahwa Kelompok Usaha Ikan Asap belum merespon dan memanfaatkan dengan optimal peluang-peluang yang dimiliki dan rentan dengan ancaman-ancaman lingkungan eksternal. dan melalui analisa IFAS (Internal Strategic Factor Analisys Summary) diperoleh skor total 2,85. sehingga nilai tersebut menunjukkan bahwa posisi Kelompok Usaha Ikan Asap mampu memanfaatkan dengan baik kekuatan-kekuatan yang ada dan mengatasi kelemahan-kelemahan internal kelompok usaha. Dari analisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan usaha Ikan Asap kelompok ini harus mampu mempertahankan kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan dan memanfaatkannya untuk meraih peluang yang ada yakni: a). mempertahankan harga yang murah dengan lebih meningkatkan kualitas produk. b). melakukan pelatihan-pelatihan untuk menambah kemampuan SDM yang ada. c). mempertahankan proses pengolahan yang tradisional maka Minat masayakat untuk mengkonsumsi Ikan Roa akan lebih besar lagi. d). meningkatkan kualitas produk maka persaingan pasar akan lebih kompetitif. e). mempertahankan ciri khas produk sehingga akan sulit di tiru dalm segi cita rasa. f). memberdayakan lembaga donatur untuk membantu promosi. g). melakukan kerja sama dengan pemerintah ternasuk dalam dalam aspek pengembangan usaha termasuk. h). melakukan koordinasi dengan pedagang pasar untuk mempermudah akses pasar. i). memaksimalkan kegiatan promosi. j). menambah alat pembangkit listrik dengan membeli genset. Kata Kunci : Analisis Pengembangan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011