Penulis / NIM
MAYA PODUNGGE / 931414087
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Maya Podungge. Nim 931414087. S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Tahun 2017. Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Karawo Di Kota Gorontalo. Pembimbing 1 Bapak Idris Yanto Niode S.Pd. MM. Dan Pembimbing II Bapak Andi Juanna S.Pd. Msc
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris ; Apakah inovasi produk dan orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing pada Industri Karawo di Kota Gorontalo. Baik secara individual maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin karawo yang tersebar di kota gorontalo. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dimana ditetapkan sampel sebanyak 58 pengrajin karawo.Dan analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitia menunjukkan bahwa : (1) Inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, dilihat dari thitung (4.455) > ttabel (1,673), dan nilai signifikan Pvalue (0,000) lebih kecil dari 0.05. (2) Orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Dilihat dari thitung (0,113) < ttabel (1,673), dan nilai signifikan Pvalue (0,910) lebih besar dari 0.05. (3) Inovasi produk dan orientasi pasar secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing. Dilihat dari fhitung (11,177) > ftabel (4.02), dan nilai signifikan Pvalue (0,000) lebih kecil dari 0.05. (4) Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh bahwa sebesar 28,9 % Inovasi produk dan Orientasi pasar memiliki kontribusi untuk mempengaruhi Keunggulan bersaing pada IKM karawo di Kota Gorontalo, sedangkan sisanya 71,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing
ABSTRACT
Maya Podungge. StudentId. 931414087.Bachelor Study Program of Management. Facultyof Economics. 2017. Theinfluence of Product Innovation and Market Orientation toward Competitive Advantage in Karawo Industrialat City of Gorontalo. Principal supervisoris Idris Yanto Niode, S.Pd, MM and Cosupervisor is Andi Juanna, S.Pd,M.Sc.
Thisresearch aimsat investigating and proving empirically whether or not product innovation and market orientation influence competitive advantage in Karawo Industrial at City of Gorontalo etherpartially or simultaneously.Population of this research are craftsmen of Karawo in City of Gorontalc. Sampling method applied in this research is purposive sampling method in which samples are 58 craftsmen. Multiple regression analysisis applied as data analysis method.
Finding reveals that (1) product innovation in fluencies competitive advantage verified by Tcount (4.455) which is higher than Ttable (1,673) and significance value in which Pva1ue (0,000) is lower than 0.05 ; (2) market orientation does not influence competitive advantage verified by Tcount (0,113) which is lower than Ttable (1,673) and significance in which Pvalue (0,910) is higher than 0.05 ;(3) product innovation and market orientation simultaneously influence competitive advantage verified by Fcount (11,177) which is higher than Ttable (4.02) and significan cevalue in which Pvalue (0,000) is lower than 0.05 ; and (4) Determination coefficient obtains that for 28,9 % of product innovation and market orientation is contributed in influencing competitive advantage in IKM Karawo at City of Gorontalo while therest 71,1%.
Keywords :Product Innovation, Market Orientation, Competitive Advantage
Download berkas