ESSAY

Writer / NIM
ABDUL HARIS SYAHRAIN / 441417006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Advisor 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstract
Abdul Haris Syahrain, 2022. "Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Gorontalo". Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes, dan Pembimbing II: Erni Mohamad, S,Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan: untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk metode pre-experimental dengan desain One-Shot Case Study. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes essai materi laju reaksi yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil analisis menunjukkan capaian kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator (a) kemampuan kelancaran (fluency) persentasenya sebesar 78,50% dengan kategori baik, (b) indikator kemampuan keluwesan (flexibility) memiliki persentase sebesar 79,91% dengan kategori baik, (c) indikator kemampuan kebaruan (originality) memiliki persentase sebesar 84,35% dengan kategori sangat baik, (d) indikator kemampuan merinci (elaboration) memiliki persentase sebesar 78,82% dengan kategori baik dan (e) kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi laju reaksi dengan nilai rata-rata sebesar 80,39%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Laju Reaksi
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011