KARYA ILMIAH

Pengarang
Rahmani Kadarningsih
Subjek
- Teknik
Abstrak
Nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) dipengaruhi oleh besar dan kecepatan kendaraan, makin besar kendaraan maka nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) makin tinggi, makin tinggi kecepatan kendaraan maka nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) makin rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) untuk kendaraan becak motor (bentor) sebagai bagian dari lalu lintas dan kinerja ruas Jalan John Ario Katili dan Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie Kota Gorontalo. Lokasi penelitian dilakukan pada ruas Jalan John Ario Katili dan Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie. Data primer yang dikumpulkan adalah data volume arus lalu lintas. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dan pedoman kapasitas jalan Indonesia 2014. Hasil perhitungan diperoleh nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) untuk kendaraan bentor (bentor) pada ruas Jalan John Ario Katili sebesar 0,5 dan pada ruas Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie diperoleh nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) sebesar 0,68. Kemudian dilakukan perhitungan menganalisis kinerja Ruas Jalan John Ario Katili dan Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie diperoleh nilai derajat kejenuhan (DJ) < 0,85. Hasil nilai DJ menunjukkan bahwa Ruas Jalan John Ario Katili dan Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie sangat layak melayani arus lalu lintas di jam sibuk.
Penerbit
UNG Press Gorontalo
Kontributor
Fahreza Putra A. Gobel, Yuliyanti Kadir, Rahmani Kadarningsih
Terbit
2021
Tipe Material
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 121 kali
Download