Pengarang
Rahmani Kadarningsih
Subjek
- Teknik
Abstrak
Nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) dipengaruhi oleh besar dan kecepatan
kendaraan, makin besar kendaraan maka nilai ekivalen kendaraan ringan
(ekr) makin tinggi, makin tinggi kecepatan kendaraan maka nilai ekivalen
kendaraan ringan (ekr) makin rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) untuk kendaraan becak
motor (bentor) sebagai bagian dari lalu lintas dan kinerja ruas Jalan John
Ario Katili dan Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie Kota Gorontalo.
Lokasi penelitian dilakukan pada ruas Jalan John Ario Katili dan Jalan Ir.
Hi. Joesoef Dalie. Data primer yang dikumpulkan adalah data volume arus
lalu lintas. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi
linier sederhana dan pedoman kapasitas jalan Indonesia 2014.
Hasil perhitungan diperoleh nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) untuk
kendaraan bentor (bentor) pada ruas Jalan John Ario Katili sebesar 0,5 dan
pada ruas Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie diperoleh nilai ekivalen kendaraan
ringan (ekr) sebesar 0,68. Kemudian dilakukan perhitungan menganalisis
kinerja Ruas Jalan John Ario Katili dan Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie diperoleh
nilai derajat kejenuhan (DJ) < 0,85. Hasil nilai DJ menunjukkan bahwa
Ruas Jalan John Ario Katili dan Jalan Ir. Hi. Joesoef Dalie sangat layak
melayani arus lalu lintas di jam sibuk.
Penerbit
UNG Press Gorontalo
Kontributor
Fahreza Putra A. Gobel, Yuliyanti Kadir, Rahmani Kadarningsih
Terbit
2021
Tipe Material
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 121 kali