KARYA ILMIAH

Pengarang
Indriati Martha Patuti
Subjek
- Teknik
Abstrak
Simulasi numerik berdasarkan metode elemen hingga telah dilakukan untuk mengetahui perilaku dan kestabilan terowongan melalui pengamatan terhadap deformasi dan tegangan disekitar terowongan. Analisis dilakukan terhadap lima variasi jarak antar terowongan. Hasil analisis menunjukkan bahwa total tegangan normal batuan yang diperoleh berada dalam batas yang diijinkan. Perpindahan total maksimum diperoleh pada puncak terowongan dengan jarak antar terowongan 20 m, sedangkan perpindahan total minimum terjadi pada puncak terowongan dengan jarak antar terowongan 50 m. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa konstruksi terowongan dapat dikatakan stabil dengan total tegangan normal yang diperoleh dalam simulasi numeris yang relatif lebih kecil dari total tegangan normal ijin dan rasio perbandingan keduanya lebih kecil dari 1.
Penerbit
Jurnal Teknik - Fakultas Teknik UNG
Kontributor
Indriati Martha Patuti
Terbit
2011
Tipe Material
ARTIKEL
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 104 kali
Download