KARYA ILMIAH

Pengarang
Ade Mahniar
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Penelitian ini fokus pada kesulitan siswa dalam trigonometri, dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkannya dan memberikan pendekatan penyelesaiannya. Dengan mengeksplorasi peran koneksi matematika, studi ini bertujuan memahami dampak pemahaman trigonometri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami koneksi matematis siswa di SMA Negeri 1 Manado. Melalui tes tertulis dan wawancara, siswa dari tiga tingkatan kemampuan dianalisis. Data diverifikasi dengan teknik kriteria derajat kepercayaan. Studi ini memberikan gambaran tentang kesulitan siswa dan dapat membantu merancang strategi pembelajaran yang tepat. Siswa dengan KMT menyelesaikan soal matematika tanpa kesulitan, sementara KMS menghadapi sedikit kesulitan memahami prinsip tertentu. KMR mengalami kesulitan signifikan dalam memahami konsep matematika. Koneksi matematis sangat memengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Kesulitan siswa dalam matematika, terutama trigonometri, dipengaruhi oleh pemahaman konsep dasar, strategi pemecahan masalah, kecemasan, dan kurangnya rasa percaya diri. Pendidik perlu memahami faktor-faktor ini untuk memberikan pendekatan yang sesuai. Kemampuan koneksi matematis dan pemecahan masalah penting dalam pembelajaran trigonometri. Evaluasi kesalahan siswa memberikan wawasan berharga. Dengan pemahaman koneksi dan kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran matematika dapat ditingkatkan.
Penerbit
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Kontributor
Navel Oktaviandy Mangelep, Ade Mahniar, Karina Nurwijayanti, Ahmad Sofi Yullah, Lowryk Ochdrico Lahunduitan
Terbit
2024
Tipe Material
ARTIKEL
Right
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=F4JqwQgAAAAJ&citation_for_view=F4JqwQgAAAAJ:u5HHmVD_uO8C
Berkas ini telah didownload sebanyak 43 kali
Download