Pengarang
Maryam Rahim
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan umum penelitian ini adalah tersedianya �Buku Saku� sebagai salah satu media bimbingan dan konseling belajar bagi siswa SMA yang dapat digunakan oleh guru pembimbing (konselor) di sekolah khususnya di SMA/sederajat. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan draft �Buku Saku� sebagai media bimbingan dan konseling belajar yang meliputi : (a) Buku 1 : Cara Membaca Buku, (b) Buku 2 : Cara Menghafal/Mengingat, (c) Buku 3 : Cara Belajar Sendiri dan Belajar Kelompok, (d) Buku 4 : Kiat-kiat Menghadapi Ujian; (2) Mengembangkan instrumen uji coba ahli, yang meliputi : (a) ahli rancangan, (b) ahli bahasa, dan (c) ahli bimbingan dan konseling ; (3) Melaksanakan uji coba ahli dan revisi ; dan (4) Mengembangkan produk akhir �Buku Saku�.
Pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan menurut Borg dan Grall, yang melibatkan 5 langkah utama, yakni : (1) analisis produk awal yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Dari kelima langkah di atas, penelitian ini hanya sampai pada langkah ke 3, mengingat waktu penelitian yang singkat serta alokasi biaya penelitian yang terbatas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yang digunakan untuk menganalisis data hasil validasi ahli, yakni ahli rancangan, ahli bahasa, dan ahli bimbingan dan konseling.
Berdasarkan hasil validasi ahli, maka diadakan revisi yang menghasilkan produk akhir �Buku Saku� yang siap digunakan oleh guru pembimbing (konselor) di SMA/sederajat sebagai media bimbingan dan konseling belajar. �Buku Saku ini terdiri dari: (1) Cara Membaca Buku, (2) Cara Menghafal/Mengingat, (3) Cara Belajar Sendiri dan Belajar Kelompok, dan (4) Kiat-Kiat Menghadapi Ujian.
Penerbit
Mandiri
Kontributor
-
Terbit
2011
Tipe Material
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 18665 kali