Pengarang
Maryam Rahim
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Abstrak: Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi tampaknya lebih diarahkan pada peningkatan hasil belajar, dibandingkan persoalan aktivitas belajar mahasiswa. Jikapun ada, maka aktivitas yang dikembangkan cenderung pada aktivitas berpikir dan mengabaikan aktivitas emosionalnya. Hal ini berakibat pada perolehan/hasil belajar mahasiswa belum dapat menggambarkan kualitas pribadinya secara utuh. Mahasiswa cerdas secara intelektual namun tidak cerdas secara emosional. Untuk mengatasi masalah ini maka diperlukan penerapan metode pembelajaran yang tepat. Teknik Jigsaw dan Jurnal Akademik masing-masing memiliki keunggulan, oleh karena itu dilakukan integrasi keduanya dengan pertimbangan dapat meningkatkan aktivitas intelektual dan emosional mahasiswa secara simultan, yang selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksankan pada mahsiswa jurusan Bimbingan dan Konseling dalam mata kuliah Konseling Karir. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester II angkatan 2006/ 2007, yang berjumlah 28 orang. Tindakan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik jigsaw integrasi jurnal akademik dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dari kategori cukup aktif menjadi kategori aktif, hasil belajar meningkat dari rata-rata 76,1 % (kategori B) menjadi rata-rata 91,7 % (kategori A), di samping menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi mahasiswa, yang ditunjukkan oleh 54% menyatakan sangat senang, dan 46% menyatakan senang dengan proses pembelajaran yang dialaminya.
Kata Kunci: teknik, jigsaw, jurnal akademik, aktivitas belajar, hasil belajar
Penerbit
Lembaga Penelitian UNG
Kontributor
Dr. Abdul Hafidz Olii, S.Pi, M.Si
Terbit
2009
Tipe Material
ARTIKEL
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 5863 kali