Pengarang
Rustam Tohopi
Subjek
- Kesehatan
Abstrak
Mewujudkan good governance dalam pelayanan publik bidang kesehatan terkandung nilai-nilai yakni efisiensi, keadilan dan daya tanggap/akuntablitas publik untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi standar pelayanan minimal (SPM) yang digunakan dalam melayani kesehatan ibu dan bayi; untuk memberi input/masukan tentang standar pelayanan yang ideal dalam mewujudkan good governance. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan lokus penelitian di kantor Dinas Kesehatan Kota Gorontalo.
Hasil penelitian ditemukan bahwa Dinas Kesehatan Kota Gorontalo dalam meewujudkan good governance menyelenggarakan pelayanan kesehatan melalui indikator 1) Prosedur Pelayanan belum sempurna disebabkan kurangnya informasi kepada pelanggan dan pelayanan di puskesmas belum ditangani oleh dokter spesialis kandungan. 2) Waktu Penyelesaian Pelayanan telah memiliki standar pelayanan berdasarkan apa yang telah di amanahkan dalam Permenkes Nomor 43 Tahun 2016. 3) Biaya pelayanan kesehatan telah dialokasikan melalui APBN maupun APBD. 4) Produk Pelayanan telah memiliki bangunan baik Rumah Sakit dan Puskesmas sudah baik, namun masih perlu dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang proses persalinan. 5) Sarana Prasarana Pelayanan kesehatan sudah memadai karena setiap wilayah kecamatan sudah memiliki 1(satu) unit puskesmas. 6) Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan telah memiliki tenaga medis maupun administrasi yang baik, namun masih perlu diimbangi dengan diklat-diklat dan pelatihan terkait bidang tugas yang diemban.
Kata kunci : Standar Pelayanan Minimal, Pelayanan Kesehatan
Penerbit
Universitas Negeri Gorontalo
Kontributor
Universitas Negeri Gorontalo
Terbit
2017
Tipe Material
PROSIDING
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 9712 kali