Pengarang
Ramli Utina
Subjek
- Sains
Abstrak
Pembangunan telah mengubah alam dan menjadikannya alam buatan manusia. Proses pengubahan itu mengeksploitasi sumber daya alam dengan melibatkan teknologi buatan manusia. Ilmu dan teknologi ini berkembang oleh semangat hidup yang berpusat pada kepentingan diri dan kebutuhan manusia, dalam arti manusia adalah pusat setiap kehidupan di alam. Pertambahan jumlah manusia akan menaikkan aktifitas eksploitasi sumber daya alam, sementara luas bumi dan kapasitas sumber dayanya tidak bertambah.
Aktifitas penduduk untuk memenuhi kebutuhan pangan dan sosialnya dapat meningkatkan laju pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkendali dapat mengancam kelangsungan ekosistem dan lingkungannya yang mesti dapat mendukung kehidupan manusia dan pembangunan. Karena itu perilaku pembangunan yang mengeksploitasi sumber daya alam hendaknya diubah menjadi perilaku pembangunan yang memperkaya sumber daya alam dan menaikkan nilai tambahnya. Sumber daya alam tidak hanya untuk generasi sekarang tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan generasi yang akan datang.
Perencanaan pembagunan yang berorientasi jangka pendek hendaknya diubah dengan pola jangka panjang dan dinamis. Kegiatan penduduk dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup dan kegiatan sosialnya diharapkan tidak melampaui kapasitas toleransi ekologis dari lingkungan dengan sumber daya alamnya. Untuk itu, aktifitas manusia dalam mengelola sumber daya alam perlu dibekali dengan pengetahuan tentang ekologi dan lingkungan hidup. Pengetahuan ini menjadi dasar dalam memahami hubungan manusia dengan alam, hubungan aktivitas manusia dengan proses-proses alam yang berdampak pada masalah lingkungan hidup, pencemaran dan kesehatan lingkungan. Kemudian bagaimana dapat memulihkan kembali kapasitas sumber daya alam melalui konservasi, dan menilai dampak pembangunan terhadap lingkungan Dengan konsep dasar ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan menjadikan perilaku arif dalam mengelola sumber daya alam, sehingga keseimbangan ekosistemnya terpelihara serta dapat dilindungi dari kerusakan
Buku ini dimaksudkan bagi mahasiswa semester awal yang mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan pengetahuan tentang lingkungan hidup, dan ekologi dasar. Walapun judul mata kuliah bervariasi di institusi yang berbeda, namun memiliki tujuan umum yang sama, yaitu menghendaki mahasiswanya untuk memahami konsep dasar ekologi dan lingkungan hidup, apresiasi terhadap dasar pengetahuan serta menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dalam mengatasi masalah lingkungan hidup.
Untuk itu, buku ini diorganisasikan dalam tujuh bab. Bab 1 menyangkut prinsip ekologi yang menjadi dasar pengetahuan lingkungan, yang mengenalkan kaitan antara komponen-komponen yang menyusun sistem ekologi termasuk manusia dan mahluk hidup lain. Bab 2 mengintrodusir hubungan manusia dengan sumber daya alam dan lingkungan, yang menggambarkan bagaimana manusia mengeksploitasi sumber daya alam. Bab 3 membahas masalah lingkungan hidup, berbagai masalah lingkungan hidup yang terjadi baik secara global maupun bencana alam nasional yang bersumber dari
iv
aktivitas manusia. Menyangkut pula konsep pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan yang dimaksudkan membangun untuk mencapai kesejahteraan penduduk sekarang dan generasi mendatang. Bab 4 membahas masalah pencemaran lingkungan, bagaimana kaitannya dengan berbagai aktivitas manusia yang memberikan dampak pada pencemaran lingkungan. Bab 5 tentang kesehatan lingkungan, bahwa berbagai kekeliruan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan telah memberi dampak pada kesehatan penduduk dan mahluk hidup lain. Bab 6 tentang konservasi sumber daya alam, yang membahas pentingnya memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam tanpa mengabaikan keterbatasan kemampuannya untuk pulih. Bab 7 analisis mengenai dampak lingkungan, yang membahas perlunya analisis dampak dari kegiatan pemanfaatan sumber daya alam. Analisis ini menjadi pertimbangan para pengambil kebijakan dalam perencanaan proyek pembangunan.
Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis dalam kegiatan pembelajaran, melaksanakan penelitian dan pemberdayaan masyarakat, serta berbagai telaah pustaka.
Penerbit
UNG Press
Kontributor
-
Terbit
2009
Tipe Material
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 366635 kali