KARYA ILMIAH

Pengarang
Herson Kadir
Subjek
- Bahasa
Abstrak
Superego selalu simetris dengan nilai dan norma dalam kehidupan. Superego ini sangat beperan penting dalam pembentukan karakter positif anak. Anak akan lebih mudah mengenal kebaikan dan menjadikan kebaikan tersebut sebagai landasan untuk bersikap dalam kehidupannya. Karakter anak dapat dibentuk melalui arahan dan pembinaan oang tua di rumah serta melalui pendidikan di sekolah. Pembentukan karakter anak didik di sekolah, salah satunya dapat dilakukan melalui gerakan literasi. Anak didik perlu dibina dan diarahkan pada pemilihan bahan bacaan yang tepat dan sesuai perkembangan jiwanya. Konten bacaan yang dianggap penting untuk mampu mengokohkan dan memberi penguatan terhadap pembinaan karakter anak didik, di antaranya melalui pembacaan karya sastra anak. Hal itu penting, karena karya sastra anak juga memiliki peran sebagai ‘movere’, yakni mendorong pembaca, khususnya anak-anak agar dapat melakukan kegiatan yang baik/positif. Selain itu, karya sastra anak dapat juga bersifat ‘docere’, yakni dapat memberi ajaran atau pendidikan. Melalui pembacaan karya sastra anak, sangat diharapkan proyeksi nilai moralitas dan norma akan berdiri kokh di dalam jiwa setiap anak didik. Hal itu dapat berfungsi memperkuat karakter anak didik membedakan yang benar-salah, baik–buruk, pantas-tidak pantas, sehingga dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupannya. Kata kunci: superego, anak didik, membaca, karya sasra anak
Penerbit
FSB UNG
Kontributor
-
Terbit
2017
Tipe Material
PROSIDING
Identifier
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 65 kali
Download