Pengarang
Martianty Nalole
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Permasalahan penelitian ini didasari oleh fakta bahwa kemampuan siswa mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar masih rendah. Upaya yang ditempuh mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament, karena model pembelajaran ini sangat membantu guru dalam memecahkan masalah bersama, saling memberikan jawaban dan mengoreksi anggota kelompok yang salah menjawab, diakhiri dengan permainan dan diberi penghargaan kepada tim yang rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan.
Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan pada siklus I, dari 30 siswa diperoleh 9 siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 30% siswa memperoleh nilai minimal 70 ke atas dan 21 siswa dinyatakan belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 70% siswa memperoleh nilai di bawah 70. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II, diperoleh 27 siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 90% siswa memperoleh nilai 70 ke atas, dan 3 siswa dinyatakan belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 10% siswa memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Sifat-sifat Bangun Datar, Teams Game Tournament
(TGT)
Penerbit
JURUSAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO NOPEMBER 2014
Kontributor
-
Terbit
2014
Tipe Material
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 4853 kali