KARYA ILMIAH

Pengarang
Muhammad Yusuf
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran dengan mengimplementasikan model-model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran sains SMP. Pada makalah ini akan dibahas sebagian dari hasil penelitian tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran berbasis masalah. Perangkat pembelajaran dikembangkan berdasarkan langkah-langkah menurut Thiagarajan (4D). Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data aktivitas siswa adalah metode observasi dan angket. Hasil analisis validitas perangkat pembelajaran tentang penilaian aktivitas siswa adalah baik dan layak digunakan pada siswa SMP kelas VIII pada pelajaran Sains. Sedangkan hasil analisis penilaian aktivitas siswa adalah memuaskan pada kegiatan saling membantu teman untuk perilaku berkarakter dan bekerja sama/komunikasi untuk keterampilan sosial. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah
Penerbit
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Kontributor
Pemakalah
Terbit
2014
Tipe Material
PROSIDING
Identifier
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 34 kali
Download