Pengarang
Abd. Rahman Pakaya
Subjek
- Ekonomi
Abstrak
Abstract: The population in this study were inpatients at the Boalemo Regency Farmers and Fisheries Hospital with a total of 500 respondents and a total sample of 88 hospitalized patients. The sampling technique in this study is probability sampling, that is, all elements in the population have the same opportunity to be sampled. While the sampling method uses the proportionate stratified random sampling method which is a random sampling method that takes into account the strata in the population. Data obtained from the results of data collection and analysis using simple regression analysis. The regression analysis test results show that the significant value t is smaller than alpha and the value of the t test is greater than t table so that H0 is rejected and H1 is accepted or Service Quality has a positive and significant effect on Community Satisfaction. For the effect of service quality (X) is equal to 0,000 t table 1,664. Thus the hypothesis of the t test for Ha (service quality variable) is influential. Thus the first hypothesis (Ha) can be proven or accepted.
Keywords: Service Quality, Community Satisfaction
Abstrak: Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo berjumlah 500 Responden dan jumlah sampel 88 Pasien Rawat Inap. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling, yaitu semua elemen dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling yang merupakan metode pengambilan sampel yang dipilih secara acak dengan memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis regresi yang menunjukan bahwa nilai signifikan t hitung lebih keci dari alpha dan nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingganya H0 ditolak dan H1 diterima atau Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Untuk pengaruh kualitas pelayanan (X) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan t Hitung 7,659 > t tabel 1,664, .Dengan demikian hipotesis uji t untuk Ha (variabel kualitas pelayanan) berpengaruh. Dengan demikian hipotesis pertama (Ha) dapat dibuktikan atau diterima.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Penerbit
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNG
Kontributor
-
Terbit
2019
Tipe Material
ARTIKEL
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 198 kali