KARYA ILMIAH

Pengarang
Rusmin Husain
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan perilaku social dan kemampuan berbahasa anak melalui pendekatan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran, dan dilaksanakan dala 2 siklus yang masing-masing siklus 4 kali pertemuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action research). Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan perilaku sosial dan keampuan berbahasa anak dapat dikembangkan dengan pendekatan kelompok melalui teknik barmain peran. Adapun perkembangan yang terlihat adalah pada data observasi awal dari jumlah 20 siswa yang mencapai standar tingkat pencapaian perkembangan adalah 11 anak (35%). Siklus I data kemampuan perilaku sosial anak mencapai 60% (12 anak), dan siklus II menjadi 80% (17 anak). Kemampuan berbahasa pada observasi awal 6 anak (30%), meningkat menjadi 55% (11 anak) pada siklus I dan menjadi 85% (17 anak) pada siklus II. Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa kemampuan interaksi sosial dan kemampuan berbahasa anak dapat dikembangkan melalui pendekatan bimbingan kelompok dengan teknik bermain. Kata kunci: perilaku sosial, berbahasa, bimbingan kelompok, bermain peran.
Penerbit
P-ADRI Gorontalo
Kontributor
-
Terbit
2020
Tipe Material
PROSIDING
Identifier
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 27 kali
Download