KARYA ILMIAH

Pengarang
Meiske Puluhulawa
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Kecerdasan sosial sangat dibutuhkan siswa dalam aktivitas belajar untuk mencapai prestasi belajar yang optimal, mengingat terdapat berbagai aktivitas belajar yang mengharuskan siswa berinteraksi dengan orang lain. Tulisan ini mengkaji tentang layanan bimbingan dan konseling belajar dalam membantu siswa memiliki kecerdasan sosial yang dapat berkontribusi pada pencapaian prestasi belajar. Melalui layanan bimbingan dan konseling belajar siswa memperoleh bantuan dalam mengembangkan kecerdasan sosial yang dibutuhkannya dalam belajar, seperti: (a) empati: kemampuan memahami penyampaian orang lain, kemampuan memahami perasaan orang lain, kemampuan merasakan isyarat-isyarat non verbal, seperti sedih, kecewa, marah, kesal, dan lainnya (b) penyelarasan: kemampuan mendengarkan dengan terbuka dan memahami penyampaian orang lain, kemampuan menghargai pendapat orang lain, (c) ketepatan empatik: kemampuan memahami pikiran dan perasaan orang lain, (d) pengertian sosial: kemampuan menyelesaikan masalah belajar dalam kelompok, keterampilan belajar kelompok atau menyelesaikan tugas kelompok, (e) sinkronisai: keterampilan berkomunikasi non verbal, (f) presentasi: kemampuan menampilkan diri secara efektif ketika berinteraksi dengan orang lain, kemampuan memberi dan menerima kritikan, (g) pengaruh: kemampuan memberikan pengaruh kepada orang dengan menggunakan kemampuan berbicara dengan hati-hati serta mampu mengendalikan diri, dan (h) kepedulian: peduli terhadap kebutuhan belajar orang lain. Kepemilikan kecerdasan sosial oleh setiap siswa membuat mereka akan melakukan aktivitas belajarnya secara optimal, yang akan berdampak pada pencapaian prestasi belajar yang optimal pula. Kata kunci: kecerdasan sosial; prestasi belajar; bimbingan dan konseling belajar
Penerbit
Universitas Negeri Malang
Kontributor
Maryam Rahim, Irvan Usman, Meiske Puluhulawa
Terbit
2017
Tipe Material
PROSIDING
Identifier
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 6 kali
Download