KARYA ILMIAH

Pengarang
Abdul Hamid Isa
Subjek
- Pendidikan
Abstrak
Pelaksanaan supervisi klinis oleh pengawas kiranya dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran yang mengacu pada fungsi, prinsip, tujuan serta prosedur pelaksanaan supervisi yang optimal. Para pengawas perlu memiliki kompetensi profesional yang merupakan kemampuan melaksanakan supervisi secara efektif, efisien dan mencakup segala aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan proses belajar mengajar sebagai layanan kepada guru. Perlu dilakukan perbaikan secara menyeluruh terhadap berbagai aspek yang menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan supervisi klinis seperti yaitu adanya keengganan untuk disupervisi dan tidak sepenuhnya bersikap terbuka kepada pengawas atas kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pada saat melakukan pertemuan awal atau pra observasi, dipengaruhi adanya rasa takut, kurang percaya diri, sehingga menimbulkan kesan dan persepsi dari guru, bahwa pengawas tersebut hanya sebagai kegiatan yang bersifat penilaian belaka dengan mencari-cari kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang dimiliki guru dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pelaksanaan, Supervisi Klinis, Pengawas, Kinerja Guru
Penerbit
Prodi S2 Pendidikan Nonformal PPs UNG
Kontributor
-
Terbit
2020
Tipe Material
PROSIDING
Identifier
-
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 27 kali
Download