Pengarang
Citron S. Payu
Subjek
- Sains
Abstrak
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal literasi sains siswa yang terdiri atas empat kategori yaitu nominal, fungsional, prosedural dan multidimensional. Studi ini merupakan bagian dari studi pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningktkan kemampuan literasi sains. Tes kemampuan literasi sains yang disusun berjumlah lima butir soal. Kemampuan awal litarasi sains yang dianalisis merupakan kemampuan literasu sains siswa sebelum diterapkan suatu model yang diduga dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa. Hasil analisis menunjukkan kemampuan literasi sains siswa untuk kelima soal lebih banyak pada kategori nominal dengan rentang persentase 54%-95%, sebagian kecil pada kategori fungsional dengan rentang persentase 4%-9%. Untuk kategori konseptual dan multidimensional berada pada persentase 0%. Sementara sebagian siswa tidak dapat memberikan jawaban pada tes yang dikerjakan dengan rentang persentase 4%-5%. Hasil yang diperoleh sesuai dengan laporan hasil studi PISA 2003, 2006, 2009 dan 2012 menunjukkan kemampuan dari siswa di Indonesia dalam kategori rendah.
Kata kunci: literasi sains, nominal, fungsional, prosedural & multidimensional.
Penerbit
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Kontributor
Abdul Haris Odja, S.Pd., M.Pd, Citron S. Payu, S.Pd., M.Pd
Terbit
2014
Tipe Material
PROSIDING
Right
Prosiding Seminar Nasional Kimia
Berkas ini telah didownload sebanyak 373 kali