Pengarang
Lia Amalia
Subjek
- Kesehatan
Abstrak
Remaja adalah aset bangsa yang sangat berharga untuk keberlangsungan pengembangan dimasa depan Remaja memelukan perlakuan yang lebih khusus dan bimbingan mengenai masalah yang akan dihadapi Pemerintah melalui BKKBN membentuk program pelayanan KRR seperti PIK-KRR. PIK-KRR yang tersebar di SMA/SMK/MA sederajat di wilayah Gorontalo sebanyak 193. Salah satu sekolah yang memiliki PIK-KRR adalah SMK Negeri 2 Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi siswa tentang pelayanan KRR dan gambaran pemanfaatan PIK-KRR di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini unt mengetahui persepsi siswa tentang pelayanan KRR dan pemanfaatan PIK-KRR yang ada di SMK Negeri 2 Gorontalo. Rancangan penelitian adalah survei deskriptif dengan populasi seluruh siswa perempuan yang berjumlah 984 siswi dan sampel 279 siswi yang bersedia diwawancara. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan uji Univariat, Disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian yaitu lebih banyak siswa yang memiliki persepsi kurang tentang pelayanan KRR disekolah yaitu sebanyak 157 siswi (56,9%) dan banyak siswa yang tidak memanfaatkan PIK-KRR di sekolah yaitu sebanyak 236 siswa (85.5%).Simpulan penelitian ini, lebih banyak siswa yang memiliki pengetahuan kurang yaitu sebanyak 163 siswi (59,1%) tentang pelayanan KRR disekolah dan lebih banyak siswa yang memberikan penilaian kurang tentang pelayanan KRR disekolah yaitu sebanyak 140 siswi (50,7%) serta hanya siswi (14,5% ) yang memanfaatkan PIK-KRR dengan melakukan kunjungan atau penggunaan pelayanan. Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat meningkatkan pelayan PIK-KRR terutama memberikan sosialisasi kepada seluruh siswa serta melibatkan peran orang tua atau keluarga dalam pendidikan KRR.
Kata kunci: remaja, pelayanan KRR, PIK-KRR
Penerbit
Journal Health & Science, Vol.2, No 3, p-ISSN: 2614-8676, eISSN: 2656-9248019
Kontributor
-
Terbit
2019
Tipe Material
ARTIKEL
Right
https://drive.google.com/file/d/1x_hVFD2opnr3sT6RivHIYEohiGPenjFp/view?usp=sharing
Berkas ini telah didownload sebanyak 322 kali