Pengarang
I Kadek Suardika
Subjek
- Olahraga
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru mengajar anak-anak untuk bertanggung jawab dengan lebih baik saat belajar tentang
pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehata.. Paradigma pembelajaran
Personal and Social Responsibility (TPSR) yang digunakan sangat
menekankan pada sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 silklus. Pendidik mata pelajaran PJOK dan seluruh peserta didik di kelas yang mengikuti penelitian ini, berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan di SD N Yogyakarta. Hasil percakapan, wawancara, dan observasi terhadap semua informasi tekstual dalam makalah proses penelitian menjadi dasar data penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pada siklus pertama dikumpulkan hasil diskusi dengan pendidik untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang penelitian tindakan kelas (PTK) dan pengajaran tanggung jawab pribadi dan sosial (TPSR). (2) pada siklus kedua kemampuan memahami rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis TPSR dan (3) Instruktur dapat menggunakan RPP pendidikan jasmani berbasis TPSR pada periode ketiga. Kemampuan pendidik dalam menanamkan sikap tanggung jawab pada anak meningkat setelah intervensi Siklus I, II, dan III selesai.
Penerbit
SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Kontributor
Universitas Negeri Gorontalo
Terbit
2022
Tipe Material
ARTIKEL
Right
Penulis
Berkas ini telah didownload sebanyak 272 kali