Pengarang
						I Kadek Suardika
						Subjek
						- Olahraga
						
						Abstrak
						Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru mengajar anak-anak untuk bertanggung jawab dengan lebih baik saat belajar tentang 
pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehata.. Paradigma pembelajaran 
Personal and Social Responsibility (TPSR) yang digunakan sangat 
menekankan pada sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 silklus. Pendidik mata pelajaran PJOK dan seluruh peserta didik di kelas yang mengikuti penelitian ini, berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan di SD N Yogyakarta. Hasil percakapan, wawancara, dan observasi terhadap semua informasi tekstual dalam makalah proses penelitian menjadi dasar data penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pada siklus pertama dikumpulkan hasil diskusi dengan pendidik untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang penelitian tindakan kelas (PTK) dan pengajaran tanggung jawab pribadi dan sosial (TPSR). (2) pada siklus kedua kemampuan memahami rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis TPSR dan (3) Instruktur dapat menggunakan RPP pendidikan jasmani berbasis TPSR pada periode ketiga. Kemampuan pendidik dalam menanamkan sikap tanggung jawab pada anak meningkat setelah intervensi Siklus I, II, dan III selesai.
						Penerbit
						SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
						Kontributor
						Universitas Negeri Gorontalo
						Terbit
						2022
						Tipe Material
						ARTIKEL
						Right
						Penulis
 Berkas ini telah didownload sebanyak 383 kali