PENELITIAN

Peneliti
Mursalin
Jenis Penelitian
Insentif Jurnal Nasional Terakreditasi (PNBP)
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Meminimalkan miskonsepsi pada materi rangkaian listrik dengan pembelajaran Predict-Observe-Explain. Artikel hasil penelitian ini memaparkan menganai upaya mjeningkatkan pemahaman konsep dan meminimalkan miskonsepsi pada materi rangkaian listrik dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). penelitian dilakukan secara eksperimen dengan pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dari siswa SMA kelas X suatu sekolah di kota Gorontalo. Analisis data dilakukan dengan uji beda rerata gain ternormalisasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan profil konsepsi siswa dianalisis dengan teknik Certainty of Respons Index. Hasil penelitian mengungkap bahwa penerapan model pembelajaran POE efektif meningkatkan pemahaman konsep dan meminimalkan miskonsepsi siswa