Peneliti
Muchtar Ahmad
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FE
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
Permasalahan yang teridentifikasi dalam penelitian ini adalah 1) Belum adanya pemetaan pengrajin karawo di Gorontalo, 2) Rendahnya keterampilan dan pengetahuan pengrajin karawo tentang desain dan produk yang berkualitas, 3) Produksi karawo kurang diminati pelanggan, 4) Masih kurang menariknya desain produk karawo di Gorontalo, 5) Rendahnya nilai merek produk karawo di Gorontalo, 6) Kurangnya teknologi pendukung dan rendahnya pemasaran produk karawo di Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan strategi pemasaran melalui penguatan model desain dan pengemasan produk menarik bagi konsumen serta dapat bersaing dengan produk lainnya di luar Gorontalo dan dapat meningkatkan pendapatan pengrajin karawo di Gorontalo. Target khusus yaitu 1) untuk mengidentifikasi dan memetakan potensi wilayah pengrajin karawo di Gorontalo, 2) menganalisis faktor-faktor yang menghambat dan mendukung keterampilan dan pengetahuan pengrajin karawo tentang desain dan kualitas produk karawo di Gorontalo, 3) Menganalisis dan menemukan model dan desain produk Karawo yang menarik di Gorontalo, Pendekatan dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian survey dengan metode kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik validasi data melalui: a) pengamatan, b) peningkatan ketekukan penelitian dalam pengamatan dan wawancara, c) triangulasi sumber data. Data hasil penelitian diolah melalui teknik: 1) analisis domain, 2) Analisis taksonomi, dan 3) Analisis tema. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi dan rekomendasi kepada pemerintah daerah sehingga dapat menciptakan produk dalam bentuk blue print optimalisasi strategi pemasaran melalui penguatan atribut produk Karawo di Gorontalo yang dapat meningkatkan pendapatan pengrajin karawo.