Peneliti
						Ikhfan Haris
						Jenis Penelitian
						Penelitian Unggulan Fakultas
						Sumber Dana
						PNBP/BLU
						Abstrak
						Fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran pada perguruan tinggi berperan penting dalam aktualisasi tujuan dan sasaran pendidikan. Kegiatan atau proses belajar mengajar mutlak membutuhkan ketersediaan fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran. 
	Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep dan model assesmen fasilitas pembelajaran pada tingkat fakultas. Secara keseluruhan, luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1) Rumusan model konseptual CFUQ faculty facility assessment yang dapat diterapkan secara internal di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo; (2) Konsep dan model ini bermanfaat untuk menilai atau mengevaluasi kondisi, fungsionalitas, utilitas dan kualitas fasilitas pembelajaran pada Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo dan (3) Dari aspek teori dan praktik, pengembangan konsep dan model ini dapat dijadikan acuan oleh pimpinan/manajemen perguruan tinggi, dosen/staf akademik, penentu kebijakan dan stakeholder pendidikan lainya dalam menilai dan mengevaluasi fasilitas pembelajaran pada perguruan tinggi.
	Penelitian termasuk penelitian pengembangan yaitu mengembangkan model CFUQ faculty facility assessment. Model yang dikembangkan adalah model yang dianalisis, didesain dan diadopsi dari berbagai model assesmen faslitas pembelajaran. Penelitian akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu: survey awal,  rancangbangun/pengembangan model, uji dan validasi ahli, ujicoba terbatas  dan uji lapangan. Revisi, perbaikan dan pemantapan instrumen akan dilakukan melalui refleksi bersama agar tujuan pengembangan dan implementasi model yang telah dikembangkan dapat dicapai.
 Berkas ini telah didownload sebanyak 469 kali