PENELITIAN

Peneliti
Meylan Saleh
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FIP
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
Kurikulum yang sementara terus disosialisasikan dan disempurnakan pada saat ini adalah Kurikulum 2013. Pendekatan ilmiah atau scientific approach adalah pendekatan yang digunakan dalam kurikulum tersebut. Pendekatan ilmiah adalah pendekatan yang dapat membantu siswa dalam berpikir kritis sekaligus aktif dalam memecahkan suatu masalah. Pendekatan ilmiah dapat memperbaiki proses pembelajaran dan diasumsikan berpengaruh pada hasil belajar dan aktifitas siswa terutama pada pembelajaran sains di sekolah dasar (SD). Hasil belajar diperoleh dari pengalaman, kemampuan serta keterampilan yang dimiliki siswa. Begitupun dengan aktivitas belajar siswa, dengan pembelajaran berpusat pada siswa, maka diharapkan pendekatan ilmiah ini mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pendekatan ilmiah terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sains di SD; dan (2) mengetahui pengaruh pendekatan ilmiah terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran sains di SD. Penelitian ini adalah penelitian kolaboratif dosen dengan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode true eksperiment dengan rancangan posttest only control group design.
Berkas ini telah didownload sebanyak 195 kali
Download