Peneliti
Ummyssalam Adam Taniyo Ambala Duludu
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FKTP
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
PENGEMBANGAN BUKU AJAR CERITRA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD AL HUDA
KOTA GORONTALO
Oleh :
Ummyssalam A.T.A Duludu, Wenny Hulukati, Munifa Djibran
Permasalahan penelitian ini berdasarkan fakta bahwa buku ajar yang digunakan pendidik dalam pembelajaran di sekolah dasar masih bersifat umum, pendidik jarang memuat materi kearifan lokal. Sebaiknya dalam kegiatan pembelajaran pendidik menggunakan bahan ajar yang memuat materi, ceritra bergambar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak dan berorientasi kearifan lokal sesuai kurikulum yang digunakan saat ini (K 13).
Tujuan penelitian untuk mengembangkan buku ajar ceritra bergambar berbasis kearifan lokal pada peserta didik kelas I SD AL Huda di Kota Gorontalo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan metode research and development (R & D) yang meliputi : 1) analisa produk awal, 2) mengembangkan produk awal, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, 5) produk akhir.
Hasil penelitian pengembangan buku ajar cerita bergambar berbasis kearifan lokal menunjukan bahwa: 1) bahan ajar ceritra bergambar masih bersifat umum,masih banyak tenaga yang tidak dapat memodifikasi antara buku ajar yang ada dengan materi kearifan lokal, 2) menghasilkan 3 (tiga) draf buku 3) validasi ahli; psikologi, paud, desain grafis, bahasa, 4) uji coba kelompok kecil (6 orang) dan uji kelompok besar (20 orang) 5) menghasilkan buku panduan guru bahan ajar cerita bergambar berbasis kearifan, buku ceritra bergambar polopalo dan buku ceritra bergambar tumbilatohe
Berkas ini telah didownload sebanyak 644 kali