PENELITIAN

Peneliti
Sumarno Ismail
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU MIPA
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
Kemampuan penalaran matematika wajib dimiliki oleh Mahasiswa matematika sebagai calon guru. Kemampuan penalran ini akan diterapkan ketika mahasiswa tersebut sudah menjadi guru atau mengajaa di tingkat sekolah. Proses pembelajaran matematika di sekolah diharapkan mampu meningkatkan kemapuan penalaran siswa, oleh karena itu mahasiswa sebagai calon guru perlu mendapatkan bekal tentang kemampuan penalaran matematika. Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa matematika adalah pada matakuliah kalkulus. Matakuliah kalkulus merupakan matakuliah wajib di Jurusan matematika FMIPA UNG. Kemampuan mahasiswa pada matakuliah kalkulus masih relatif rendah baik dari pmehaman konsep maupun kemampuan penalaran matematika mahasiswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar kalkulus I materi integral yang didesain untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika mahasiswa. Bahan ajar yang disusun dengan pendekatan ilmiah (Scientific Approach). Pendekatan ilmiah ilmiah (Scientific Approach) yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mengamati (observing), menanya (questioning), menalar (associating), mencoba (experimenting) dan membentuk jaringan (networking). . tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar kalkulus materi integral dengan pendekatan Ilmiah (Scientific Approach).
Berkas ini telah didownload sebanyak 2800 kali
Download