PENELITIAN

Peneliti
Syarifuddin A.
Jenis Penelitian
Penelitian I-MHERE
Sumber Dana
I-MHERE DIPA UNG
Abstrak
ABSTRACT Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan guru Bahasa Inggris Profesional yang handal, memuaskan dan memenuhi kriteria yang standar, tergantung pada kehandalan dan kejituan pendekatan, mekanisme serta system pembinaan yang digunakan oleh suatu Program Studi tertentu; termasuk Program Studi Pendidikan bahasa Inggris di Universtas Negeri Gorontalo. Salah satu yang paling strategis digunakan adalahlesson study yang berbasis supervisi klinis; karena strategi ini mendorong dan memicu calon guru profesinal lebih kreatif mengatasi permasalahan dan mengembangkan pembelajaran, serta inovatif dalam menciptakan iklim belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan serta efektif membentuk karakter pembelajar. Dalam mengakselerasikan mutu calon guru profesional bidang studi Bahasa Inggris, makapenelitian inimencoba menerapkan modelLesson Studyberbasis Supervisi Klinis dalam meningkatkan kompetensi guru profesional .Tentunya tujuan penelitian ini adalah mengkaji secara mendalam prinsip-prinsip lesson Study berbasis Supervisi Klinis secara mendalamserta mengemas dan melaksanakan langkah-langkah penerapannya, sebagai suatu model pendekatan saintifik dalam mengembangkan potensi diri atau jati diri sebagai calon guru profesional. Kemudian hasil kajian prinsip-prinsip yang dimaksud di atas, lebih lanjut dirumuskan sebagai suatu model penerapan lesson study berbasis Supervisi Klinis, yangdiuji dengan strategi PDCA (Plan, Do, Check, Act) dari Quizen Strategy. Untuk merefleksikan peningkatanpencapaian kompetensi calon guru profesional, makametode penelitian ini, dilengkapi dengan aksi kaji-tindak dengan menggunakan strategi Fokus Group Discussion (FGD). Untuk itulah, output yang diharapkan dalam penelitian ini adalah terciptanya suatu model penerapan pendekatan efektif dalam membinaan kompetensi calon guru bahasa Inggris professional. Indikator guru profesional dapat diidentifikasi melalui empat aspek kompetensi guru profesional yang dicapai, yakni kompotensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kata Kunci : Lesson Studi, Spervisi Klinis, Kompetensi, Guru, Profesional