Peneliti
Tirtawaty Abdul
Jenis Penelitian
Penelitian Terapan
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Keterbatasan peralatan praktikum dan kondisi Covid-19 yang saat ini melanda negeri kita, menjadikan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran sangat diperlukan, seperti virtual laboratory. Imron (2012) mengemukakan bahwa virtual laboratory adalah serangkaian alat-alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak komputer berbasis multimedia interaktif, yang dioperasikan dengan komputer dan dapat menyimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya. Melalui pembelajaran virtual laboratory , proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar meng-ajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja (Suana, 2017; 48). Pembelajaran berbasis virtual laboratory sangat tepat diterapkan pada model pembelajaran ryleac, mengingat keunggulan dari model pembelajaran ryleac diantaranya adalah dapat mendorong siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran melalui suatu kegiatan percobaan sains (Abdjul; 2019, 42) . Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah menerapkan perangkat pembelajaran ryleac berbasis virtual laboratory pada konsep gelombang dan bunyi Pada Sekolah SMP Se Kota Gorontalo. Luaran wajib yang ditargetkan adalah HKI perangkat pembelajaran ryleac berbasis Virtual Laboratory pada konsep gelombang dan bunyi dan luaran tambahan berupa draf tesis, publikasi Jurnal internasional (submit) atau jurnal nasional terakreditasi SINTA dengan ISSN 2540-9859 tahun 2022. Penelitian ini tergolong dalam jenis Penelitian Pengembangan model 4-D yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate) oleh Thiagarajan, dkk (1974; 6). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas VIII Negeri Tangagah Kecamatan Bolaang UKI.
Berkas ini telah didownload sebanyak 110 kali