Peneliti
Badriyyah Djula
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FE
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdasarkan inovasi dosen meningkatkan prestasi belajar mahasiswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model-model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi semester II di Jurusan Pendidikan Ekonomi fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Semester II sejumlah 36 orang. Prosedur penelitian dengan langkah-langkah persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi dan refleksi.
Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, terknik hasil belajar dan wawancara.
Berdasakan hasil penelitian maka dapat disimpulkan beberapa hal yaitu: 1) Penggunaan model pembelajaran work square dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah dasar-dasar akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Kelas A Semester II. Hal ini dapat ditunjukkan pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,89% dan pada siklus II mencapai 86,11%, 2) Penggunaan model pembelajaran work square dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah dasar-dasar akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Kelas A Semester II. Hal ini dapat ditunjukkan pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,22% dan pada siklus II mencapai 91,67%, dan 3) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Word Square dan Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar Mahasiswa dalam mata kuliah Dasar-Dasar Akuntansi di Kelas A Semester II Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo Tahun Mata kuliah 2015/2016.
Adapun saran yang dapat sampaikan peneliti antara lain: 1) Pembelajaran melalui model Pembelajaran Word Square dan Tutor Sebaya ini perlu untuk diterapkan guna meningkatkan prestasi belajar mahasiswa khususnya kuliah Dasar-Dasar Akuntansi di Kelas A Semester II Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo Tahun Mata kuliah 2015/2016, 2) Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ternyata penggunaan model pembelajaran Word Square dan Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan 3) Dosen sebagai tenaga pendidik perlu kiranya lebih melibatkan mahasiswa tidak hanya sebagai penerima informasi melainkan juga sebagai pemberi informasi baik untuk dosen terlebih bagi teman sebayanya.
Berkas ini telah didownload sebanyak 3902 kali