PENELITIAN

Peneliti
Nilawaty Yusuf
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FE
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
RINGKASAN Penelitian ini bertujuan adalah (1) mengindentifikasi nilai-nilai budaya Gorontalo yang dapat dijadikan dasar dalam mendesain model penganggaran Universitas Negeri Gorontalo untuk mewujudkan GUG, (2) Mendesain model penganggaran Universitas Negeri Gorontalo berbasis nilai-nilai budaya Gorontalo untuk mewujudkan GUG. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Tahapan diawali dengan (1) wawancara mendalam dengan para expert untuk mengeksplorasi data tentang nilai-nilai budaya Gorontalo dan proses penyusunan anggaran di Universitas Negeri Gorontalo. (2) Observasi dan dokumentasi atas penyusunan anggaran di tingkat universitas. Tahapan berikutnya adalah dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk memverifikasi hasil temuan awal penelitian. Keabsahan data dilakukan melalui ketekunan dalam pengamatan dan wawancara serta kecukupan referensi yang tersedia. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) nilai-nilai budaya Gorontalo yang dapat dijadikan dasar dalam mendesain model penganggaran Universitas Negeri Gorontalo untuk mewujudkan Good University Governance meliputi molamonga tahuda (menampung fatwa/arahan), mopotuwau pahamu (penyatuan persepsi) dulohupa (musyawarah), heluma (mufakat), huyula (gotong royong, tindakan), tolonga:laa (prinsip kekeluargaan) mopoduoto tilihula (konsolidasi kewenangan), subsidi silang (tinepo) dasarnya kasih sayang (motoliango), skala prioritas (mopomulo u paralu daa), kepatuhan (dia dia nuhe to tahuda) kehati-hatian (popopiyuhe dudelo), basalata (kesederajatan), adili (prinsip keadilan). (2) Model penganggaran DULAHU yang berbasis nilai-nilai budaya Gorontalo dapat dijadikan model penganggaran Universitas Negeri Gorontalo . Kata Kunci: Good University Governance, anganggaran, nilai budaya
Berkas ini telah didownload sebanyak 140 kali
Download