Peneliti
Titien Fatmawaty Mohammad
Jenis Penelitian
Penelitian Dana PNBP
Sumber Dana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran secara terperinci tentang persepsi guru dan siswa terhadap implementasi Program Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan kendala serta solusi yang dihadapi oleh para guru dan siswa dalam penerapan program tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan pembanding dalam penetapan kebijakan pemerintah atas keberlanjutan program ini dikemudian hari.
Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Gorontalo yang mencakup wilayah Kota dan Kabupaten. Subjek penelitian terdiri dari para guru dan siswa yang ada di sekolah yang menerapkan Program RSBI. Pengumpulan data penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan tehnik interview dan Angket. Selanjutya, hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi guru- guru dan siswa dalam penerapan kelas bilingual di program RSBI adalah penggunaan Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Kemampuan bahasa Inggris yang masih rendah terkadang menyebabkan guru-guru dan siswa merasa frustasi. Tetapi, hasil studi menunjukkan meskipun ditemukan banyak tantangan dalam penerapan program ini, guru-guru dan siswa memandang program ini sangat bagus untuk pengembangan profesionalisme, prestasi dan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris.
Penelitian ini menyimpulan bahwa pada umumnya siswa dan guru di sekolah RSBI memiliki sikap positive terhadap pelaksanaan program RSBI di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini merekomendasikan sekolah ataupun pemerintah seharusnya menyediakan fasilitas untuk kelancaran pelaksanaan program ini menuju Sekolah Berstandar Internasional.
Berkas ini telah didownload sebanyak 873 kali