Peneliti
Evi P. Hulukati
Jenis Penelitian
Hibah Bersaing (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan pada pembelajaran yag dilaksanakan selama ini yang
kurang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah
matematika siswa, akibatnya banyak siswa yang memahami materi yang diajarkan
hanya pada saat dijelaskan oleh guru. Bukan suatu hal yang mengejutkan jika
hasil belajar matematika pun rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan
penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan
pemecahan masalah matematika siswa SMP melalui penerapan model penemuan
terbimbing menggunakan tugas bentuk superitem. Pada tahun pertama kegiatan
penelitian difokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran. metode
penelitian ini pada dasarnya merupakan developmental research, melalui siklus
olah pikir dan kaji tindak pembelajaran. Dari proses penelitian pengembangan dan
berdasarkan data empirik dilapangan. pada akhirnya dapat diperoleh sebuah
model pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan komunikasi
dan pemecahan masalah matematik siswa SMP .
Tahapan yang telah dicapai dalam kegiatan penelitian selama 6 bulan pada tahun
pertama ini adalah dihasilkannya bahan ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran,
lembar kegiatan siswa, tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah
matematika, uji efektivitasnya dalam pembelajaran serta analisis efektifitas Studi
pendahuluan atau uji coba terbatas terhadap pengembangan kemampuan
komunikasi dan kemampuan penemuan terbimbing matematika siswa
Rencana pada tahun kedua adalah (1) Menyempurnakan Perangkat pembelajaran
serta instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah
pakar, serta workshop. (2) menerapkannya dalam pembelajaran. (3) Melihat
efektivitas penerapan model yang dikembangkan terhadap kemampuan
komunikasi dan pemecahan masalah matematik siswa dilihat dari variasi
kemampuan siswa
Berkas ini telah didownload sebanyak 1883 kali