Peneliti
Supriyadi
Jenis Penelitian
Hibah Bersaing (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah merupakan salah satu upaya
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah
mahasiswa, kualitas proses, dan kualitas prestasi/hasil pembelajaran menulis karya
ilmiah di perguruan tinggi. Bahan ajar menulis karya ilmiah yang layak dan mantap
sebagai hasil pengembangan selain dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan
keterampilan, kualitas proses, dan hasil pembelajaran juga dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan penalaran, minat, motivasi, kretivitas, produktivitas, kepakaan sosial, dan
sikap demokratis mahasiswa dalam belajar. Sehubungan dengan itu, secara umum
penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis karya ilmiah
berpendekatan konstruktivisme. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah (a)
mengembangkan silabus berpendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan
keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa, (b) mengembangkan RPS berpendekatan
konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa,
dan (c) mengembangkan bahan ajar berpendekatan konstruktivisme untuk
meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa.
Dalam rangka mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan desain R2D2
dengan komponen penetapan, desain dan pengembangan, dan diseminasi.
Pelaksanaannya di lapangan, penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni tahap
prapengembangan, tahap pengembangan, dan tahap uji efektivitas. Dalam tahap
prapengembangan dilakukan studi pendahuluan untuk memperoleh informasi awal
tentang pembelajaran menulis karya ilmiah dan berkolaborasi dengan dosen pembina
matakuliah untuk mengembangkan bahan ajar menulis karya ilmiah berpendekatan
konstruktivisme. Tahap pengembangan dilalui dengan mendesain dan mengembangkan
silabus, RPS, dan bahan ajar, penelaahan oleh tim praktisi dan tim ahli/pakar yang
relevan, dan uji coba bahan ajar sampai diperolah bahan ajar yang mantap.
Data penelahaan tim praktisi dan tim ahli/pakar dan data hasil uji coba produk
pengembangan berupa data kualitatif, sedangkan data uji efektivitas berupa data
kuantitatif. Dalam analisis data kualitatif digunakan teknik analisis domain. Domain
yang dimaksud mencakup format, isi, organisasi materi, dan aspek kebahasaan
perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa (a) silabus, (b) RPS, dan (c) bahan
ajar berpendekatan konstruktivisme. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki kekhasan
yang berbeda dengan bahan ajar pada pembelajaran konvensional. Kekhasan tersebut
tercermin pada penggunaan lima strategi pembelajaran dalam lingkup pendekatan
konstruktivisme secara bervariasi pada bahan ajar produk pengembangan. Kelima
strategi pembelajaran tersebut adalah (a) bertanya, (b) inkuri/penemuan, (c) masyarakat
belajar, (d) refleksi, dan (e) evaluasi otentik. Kekhasan silabus dan RPS terdapat pada
komponen (a) indikator, (b) tujuan pembelajaran, (c) materi pembelajaran, (d) kegiatan
pembelajaran, dan (e) evaluasi pembelajaran.
Berkas ini telah didownload sebanyak 9605 kali