PENELITIAN

Peneliti
Supriyadi
Jenis Penelitian
Hibah Bersaing (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa, kualitas proses, dan kualitas prestasi/hasil pembelajaran menulis karya ilmiah di perguruan tinggi. Bahan ajar menulis karya ilmiah yang layak dan mantap sebagai hasil pengembangan selain dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan, kualitas proses, dan hasil pembelajaran juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penalaran, minat, motivasi, kretivitas, produktivitas, kepakaan sosial, dan sikap demokratis mahasiswa dalam belajar. Sehubungan dengan itu, secara umum penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah (a) mengembangkan silabus berpendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa, (b) mengembangkan RPS berpendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa, dan (c) mengembangkan bahan ajar berpendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. Dalam rangka mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan desain R2D2 dengan komponen penetapan, desain dan pengembangan, dan diseminasi. Pelaksanaannya di lapangan, penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni tahap prapengembangan, tahap pengembangan, dan tahap uji efektivitas. Dalam tahap prapengembangan dilakukan studi pendahuluan untuk memperoleh informasi awal tentang pembelajaran menulis karya ilmiah dan berkolaborasi dengan dosen pembina matakuliah untuk mengembangkan bahan ajar menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme. Tahap pengembangan dilalui dengan mendesain dan mengembangkan silabus, RPS, dan bahan ajar, penelaahan oleh tim praktisi dan tim ahli/pakar yang relevan, dan uji coba bahan ajar sampai diperolah bahan ajar yang mantap. Data penelahaan tim praktisi dan tim ahli/pakar dan data hasil uji coba produk pengembangan berupa data kualitatif, sedangkan data uji efektivitas berupa data kuantitatif. Dalam analisis data kualitatif digunakan teknik analisis domain. Domain yang dimaksud mencakup format, isi, organisasi materi, dan aspek kebahasaan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (a) silabus, (b) RPS, dan (c) bahan ajar berpendekatan konstruktivisme. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki kekhasan yang berbeda dengan bahan ajar pada pembelajaran konvensional. Kekhasan tersebut tercermin pada penggunaan lima strategi pembelajaran dalam lingkup pendekatan konstruktivisme secara bervariasi pada bahan ajar produk pengembangan. Kelima strategi pembelajaran tersebut adalah (a) bertanya, (b) inkuri/penemuan, (c) masyarakat belajar, (d) refleksi, dan (e) evaluasi otentik. Kekhasan silabus dan RPS terdapat pada komponen (a) indikator, (b) tujuan pembelajaran, (c) materi pembelajaran, (d) kegiatan pembelajaran, dan (e) evaluasi pembelajaran.
Berkas ini telah didownload sebanyak 9525 kali
Download