Penulis / NIM
HANDRIYANTO IGIRISA / 1011417072
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
MUTIA CH THALIB, S.H., M.Hum. / 0004076904
Pembimbing 2 / NIDN
NOVENDRI M NGGILU, SH., M.H / 0027118901
Abstrak
Penelitian ini guna mengetahui dan menganalisis Bagaimana peran YLKI Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban dan kehati-hatian konsumen terhadap maraknya aduan dalam transaksi e-commerce dan untuk menganalisis kendala yang dihadapi YLKI Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban dan kehati-hatian konsumen terhadap maraknya aduan dalam transaksi e-commerce.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan YLKI Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban dan kehati-hatian konsumen terhadap maraknya aduan dalam transaksi e-commerce dengan: (1) melakukan program penyebarluasan informasi melalui media sosial, penyebaran spanduk atau baliho, sosialisasi atau penyuluhan hukum; serta (2) melakukan edukasi pada saat pengaduan. Akan tetapi, peran YLKI Gorontalo ini menurut peneliti belum maksimal dan komprehensif, hal ini dapat dilihat dari kurangnya penyebarluasan informasi yang dilakukan oleh YLKI Gorontalo terkait pentingnya pengetahuan atas hak dan kewajiban konsumen sebagaimana dalam pasal 4 dan pasal 5 UUPK khususnya dalam melakukan transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) serta kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh YLKI Gorontalo yakni satu kali sejak aktif menjalankan tugas. Adapun kendala YLKI Gorontalo dalam pelaksanaan perannya yaitu kurangnya kualitas sumber daya manusia; minimnya anggaran (dana); serta kurang pro aktifnya pemerintah.
Download berkas