Penulis / NIM
RINI SURYANI DUNGGIO / 1011417114
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
MUTIA CH THALIB, S.H., M.Hum. / 0004076904
Pembimbing 2 / NIDN
SRI NANANG MEISKE KAMBA, S.H., M.H / 0005058904
Abstrak
ABSTRAK
RINI SURYANI DUNGGIO, NIM 1011417114. ¢"PERAN YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT BARANG CACAT DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI GORONTALO¢. Mutia Cherawaty. Thalib, SH.,M.Hum selaku Pembimbing I dan Sri Nanang M. Kamba, SH., MH. selaku Pembimbing II Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana peran dari YLKI dalam menyelesaikan masalah konsumen yang dirugikan akibat barang cacat yang diperoleh dari transaksi jual beli online di Gorontalo. Dimana hadirnya salah satu lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat yaitu Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bertujuan untuk dapat membantu masalah konsumen dalam memperjuangkan hak-hak dari konsumen sebagaimana terdapat dalam Pasal 44 UUPK No 8 Tahun 1999. Untuk itu dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian Empiris dengan didukung data dan hasil wawancara dari responden yang bersangkutan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan peran dari YLKI Gorontalo yaitu : (a) membantu konsumen memperjuangkan hak-haknya dengan melakukan korespondensi, (b) mengadakan mediasi, (c) memberi informasi dan nasihat bagi konsumen dan pelaku usaha. Adapun faktor penghambat bagi pihak YLKI dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dari faktor internal adalah biaya, kurangnya anggota, dan lokasi tempat yang sulit dijangkau, dan dari faktor eksternal antara lain dari sikap pelaku usaha, minimnya tanggung jawab dari pelaku usaha, konsumen yang kurang berhati-hati dalam membeli barang dan kurangnya kesadaran hukum bagi konsumen.
Kata Kunci : Peran YLKI, Barang Cacat, Perlindungan Konsumen
Download berkas