Penulis / NIM
ADELIA JULIANA DATAU / 1011417214
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
MUTIA CH THALIB, S.H., M.Hum. / 0004076904
Pembimbing 2 / NIDN
SRI NANANG MEISKE KAMBA, S.H., M.H / 0005058904
Abstrak
ABSTRAK
ADELIA JULIANA DATAU. NIM : (1011417214) 2021. PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BARANG AKIBAT CACAT DITINJAU DARI PASAL 18 UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI YLKI-G PROVINSI GORONTALO. Dibimbing oleh masing-masing pembimbing I MUTIA CH. THALIB, S.H., M.Hum. dan pembimbing II Sri Nanang Meiske Kamba. SH, MH . Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo
Peraturan Undang-Undang Perlindungan Konsumen memiliki kebijakan pengaturan hak-hak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perlindungan Konsumen terhadap pengembalian barang akibat cacat ditinjau dari Pasal 18 Undang-Undang Perlindungan Konsumen di YLKI-G Provinsi Gorontalo. Selain itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha kepada konsumen terhadap barang cacat menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris atau penelitian hukum sosiologis dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber hukum Primer dan hukum Sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan penelitian lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlindungan Hukum Preventif meliputi pelaksanaan sosialisasi kepada Konsumen sedangkan Perlindungan Hukum Represif yaitu Membantu pihak Konsumen untuk menyelesaikan masalah baik diluar pengadilan dengan menggunakan mediasi dan Pengadilan. Beberapa tanggung jawab pelaku usaha dalam memberikan ganti rugi kepada Konsumen diantaranya memberi ganti rugi dan memberikan ganti rugi berupa uang sesuai dengan harga barang yang mengalami cacat.
KATA KUNCI : Ganti Rugi, Perlindungan Konsumen, Undang-Undang, YLKI-G
Download berkas