Penulis / NIM
ARIEF NUR AMRIZAL MOODUTO / 1011417221
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Pembimbing 2 / NIDN
SRI NANANG MEISKE KAMBA, S.H., M.H / 0005058904
Abstrak
ABSTRAK
ARIEF NUR AMRIZAL MOODUTO, NIM. 1011417221 PENERAPAN ASAS
KESEIMBANGAN ANTARA PELANGGAN DENGAN PENYEDIA LAYANAN
INDIHOME DI KOTA GORONTALO. PEMBIMBING I: NIRWAN JUNUS, S.H.,
M.H. PEMBIMBING II: SRI NANANG MEISKE KAMBA, S.H., M.H.
Penelitian ini dimaksudkan untuk (1) penerapan asas keseimbangan antara pelanggan dengan
penyedia layan Indihome di Kota Gorontalo; (2) untuk mengetetahui apa saja yang menjadi
faktor penghambat penerapan asas keseimbangan antara pelanggan dengan penyedia layanan
Indihome di Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris, dimana fakta dan peristiwa
dilapangan digunakan sebagai bahan utama dalam menentukan kebenaran penelitian. Sumber
data yang digunakan adalah sumber data primer sebagai data utama, dan sumber data
sekunder sebagai data pendukung yang terdiri dari dokumen dan karya ilmiah yang berkaitan
dengan permasalahan yang sedang dibahas. Adapun sampel (responden) yang digunakan
dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Gorontalo yang menjadi pelanggan dari produk
Indihome dan kedua adalah pewakilan dari pihak PT. Telkom Cabang Gorontalo selaku
penyedia layanan Indihome.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Penerapan asas keseimbangan antara pelanggan
dengan penyedia layanan Indihome di Kota Gorontalo dilakukan secara bersama-sama oleh
pihak pelanggan dan pihak penyedia layanan Indihome. Pihak pelanggan menerapkan asas
keseimbangan dengan cara membayar tagihan internet sesuai dengan durasi waktu yang
diberikan. Sedangkan pihak penyedia layanan Indihome menerapkan asas keseimbangan
dengan memberikan kompensasi, memperbaiki jaringan, dan tindakan lain yang dianggap
perlu. Kedua, Faktor-faktor yang menghambat terhadap penerapan asas antara pelanggan
dengan penyedia layanan Indihome adalah ketidaktahuan pelanggan, miskomunikasi antara
kedua belah pihak.
Kata Kunci: Penerapan Asas; Keseimbangan; Layanan Indihome.
Download berkas