SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI KHODIJAH / 1011418196
Program Studi
S1 - ILMU HUKUM
Pembimbing 1 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Pembimbing 2 / NIDN
MOHAMAD TAUFIQ ZULFIKAR SARSON, S.H., M.H., M.Kn / 0009038906
Abstrak
ABSTRAK Siti Khodijah, Nim :1011418196. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Peredaran Kosmetik Berbahaya Yang Mencantumkan Nomor Izin Edar Fiktif di Kota Gorontalo. Ibu Hj. Nirwan Junus, SH.MH selaku pembimbing 1 dan bapak Moh. Taufiq Z. Sarson, SH., MH., MKN selaku Dosen Pembimbing II Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum BPOM terhadap konsumen atas beredarnya kosmetik berbahaya yang mencantumkan nomor izin edar fiktif di wilayah Kota Gorontalo dan (2) mengetahui bagaimana bagaimana bentuk perlindungan hukum YLKI terhadap korban kosmetik berbahaya yang mencantumkan nomor izin edar fiktif di wilayah Kota Gorontalo. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris dengan model penelitian yuridis-sosiologis mempunyai objek kajian mengenai perilaku masyarakat. Sumber data yang dipakai adalah data primer sebagai data utama (hasil observasi dan wawancara di lapangan ), dan data sekunder seperti peraturan perundang-undangan, dan karya ilmiah. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah Balai Pengawas Obat dan Makanan di Gorontalo (BPOM), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia di Gorontalo (YLKI-G), Konsumen, dan para pelaku usaha di Kota Goronalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk perlindungan Hukum BPOM bagi konsumen terhadap peredaran produk kosmetik berbahaya yang mencantumkan nomor izin edar fiktif itu di lakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu perlindungan hukum dengan upaya preventif dan perlindungan hukum dengan upaya represif. (2) perlindungan Hukum YLKI terhadap konsumen yang dirugikan atas peredararan kosmetik yang mencantumkan izin edar fiktif yaitu yaitu memberikan nasihat kepada konsumen yang memerlukan secara lisan atau tertulis agar konsumen dapat melaksanakan hak dan kewajibannya. YLKI juga membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya, termasuk menerima keluhan atau pengaduan. YLKI memberikan bantuan gratis bagi konsumen yang merasa tidak puas atas produk dan layanan yang diperoleh, serta memastikan perlindungan atas hak-hak mereka. Kata Kunci : perlindungan hukum, konsumen, kosmetik, izin edar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011