Penulis / NIM
MOHAMAD NAWIR PAPEO / 103812001
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Nawir Papeo 2014 " Meningkatkan Pemahaman Siswa Merangkai Gaya
Magnet Melalui Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN
2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara "
Program PJJ Mandiri S I PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo 2014. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd,
Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah dengan melalui metode demonstrasi
pemahaman siswa merangkai gaya magnet melalui pembelajaran IPA di kelas V
SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
akan meningkat ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
pemahaman siswa merangkai gaya magnet melalui metode demonstrasi dalam
pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten
Bolaang Mongondow utara.Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan dalam dua
siklus. Tiap siklus terdiri dari tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan tindakan,
tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan
data adalah obsrevasi, tes, dan dokumentasi.
Hipotesis penelitian ini adalah jika digunakan metode demonstrasi, pemahaman
siswa merangkai gaya magnet melalui pembelajaran IPA di kelas V SDN 2
Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara maka
pemahaman siswa meningkat.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang
merangkai gaya magnet sesuai dengan siklus I Hasil pemahaman siswa sejumlah
15 orang yang tuntas belajar atau 83.4% dengan perolehan nilai 70 keatas dan 3
orang siswa atau 16.6% belum tuntas dengan perolehan nilai dibawah 70 dan
siklus II Hasil pemahaman siswa sejumlah 17 orang yang tuntas belajar atau
94.4% dengan perolehan nilai 70 keatas dan 1 orang siswa atau 5.5% belum tuntas
dengan perolehan nilai 65 yang ditetapkan dengan indikator kinerja.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode demonstrasi,
maka pemahaman siswa tentang gaya magnet meningkat.
Kata Kunci : Magnet, Demonstrasi, Benda
Download berkas