Penulis / NIM
MEIS ADAM / 103812002
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Meis Adam. 2014. "Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Melalui Media Audio Visual di Kelas V SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo".
Skripsi. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. H.
Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Dra. Elmia Umar M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah media audio visual
dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi perjuangan mempertahankan
kemerdekaan kelas V SDN 27 Limboto. Tujuan penelitian adalah untuk
meningkatkan minat belajar siswa melalui media audio visual pada materi
perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 27 Limboto. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
dengan subyek penelitian 20 orang siswa kelas V SDN 27 Limboto.
Hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi " jika dalam proses pembelajaran,
guru menggunakan media audio visual maka minat belajar siswa dalam mata
pelajaran IPS kelas V SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo akan meningkat".
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada data
observasi awal menunjukkan dari 20 orang siswa yang memiliki minat belajar
hanya 4 orang siswa (20%).
Hasil penelitian siklus I terjadi kenaikan yaitu dari 20 orang siswa, yang memiliki
minat belajar 10 orang siswa (50%). Sedangkan siklus II terjadi kenaikan yang
signifikan yaitu dari 20 orang siswa, yang memiliki minat belajar 18 orang siswa
(90%). Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa medi audio visual dapat
meningkatkan minat belajar siswa pada materi perjuangan mempertahankan
kemerdekaan di kelas V SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo diterima.
Kata Kunci : Minat Belajar, Media Audio Visual.
Download berkas