Penulis / NIM
FITRIANTY A. MENU / 103812003
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
FITRIANTY A. MENU. NIM. 103 812 003. Meningkatkan pemahaman siswa
pada pelajaran IPS menggunakan model Out And In Cycle di Kelas IV SDN 27
Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1.
Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. dan Pembimbing 2. Samsi Pomalingo, S.Ag,
M.A
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah pemahaman siswa pada
pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui model Out And In Cycle?". Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa
pada pelajaran IPS menggunakan model Out And In Cycle di Kelas IV SDN 27
Limboto Kabupaten Gorontalo
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan
untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS menggunakan model
Out And In Cycle di Kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo
Hasil penelitian ini untuk peningkatan pemahaman siswa pada pelajaran IPS
menggunakan model Out And In Cycle, pada observasi awal pemahaman siswa
50% meningkat menjadi 66% pada siklus I, 83% pada siklus II.
Melihat keberhasilan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa "Jika guru
menggunakan model Out And In Cycle, maka pemahaman siswa pada pelajaran
IPS di kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat
diterima".
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Out and In Cycle
Download berkas