SKRIPSI

Penulis / NIM
CINDRIYATI H. RASID / 103812004
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Cindriyati H. Rasid. 2014 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Asni Ilham,S.Pd. M.Si, Pembimbing II : Gamar Abdullah,S.Si.M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia di kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Pada siklus I jelas ditunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki pemahaman untuk memahami materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 13 orang (65%), selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 17 siswa atau 85% siswa yang ada di SDN 23 Bongomeme Kabupaten Gorontalo yang mampu memahami materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo Kata Kunci: Pemahaman, model pembelajaran Picture And Picture
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011