Penulis / NIM
CINDRIYATI H. RASID / 103812004
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Cindriyati H. Rasid. 2014 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi
Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan
Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Asni
Ilham,S.Pd. M.Si, Pembimbing II : Gamar Abdullah,S.Si.M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan
pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia di kelas III
SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo?". Sedangkan
tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada
materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia melalui model pembelajaran
kooperatif tipe picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo
Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengumpulan data tes, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Pada siklus I jelas ditunjukkan
bahwa persentase siswa yang memiliki pemahaman untuk memahami materi
pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia mengalami peningkatan yang cukup
siginifikan yaitu menjadi 13 orang (65%), selanjutnya pada siklus II persentase hasil
capaian mengalami peningkatan yaitu 17 siswa atau 85% siswa yang ada di SDN
23 Bongomeme Kabupaten Gorontalo yang mampu memahami materi pengaruh
cuaca terhadap kegiatan manusia dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap
kegiatan manusia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran
picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten
Gorontalo
Kata Kunci: Pemahaman, model pembelajaran Picture And Picture
Download berkas