Penulis / NIM
SOFYAN ABDUL / 103812005
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Sofyan Abdul,2014. meningkatkan kemampuan siswa menulis laporan pengamatan melalui pendekatan konstektual di kelas V SDN 2 Bulango Ulu. Kecamatan Bulango Ulu. PJJ Mandiri S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negari Gorontalo. Pembimbing Dra.Hj. Evi Hasim . M.Pd dan Dra. Ratnarti Pahrun,S.Pd. M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah "apakah kemampuan siswa menulis laporan pengamatan melalui Pendekatan Konstektual di kelas V SDN 2 Bulango Ulu dapat ditingkatkan". Sedangkan penelitian ini bertujuan "apakah Kosa Kata bahasa indonesia dalam menulis laporan pengamatan dapat ditingkatkan melalui pendekatan kostektual pada siswa kelas V SDN 2 Bulango Ulu".
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal,tahap pelaksanaan tindakan,tahap pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menguasai kosa kata bahasa indonesia dalam menulis laporan pengamatan pada siswa kelas V SDN 2 Bulango Ulu, Kecamatan Bulango Ulu.
kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa lima orang siswa atau (41,67 %) SDN 2 Bulango ulu yang memiliki kemampuan baik untuk menguasai kosa kata bahasa indonesia dalam menulis laporan pengamatan. setelah melalui kegiatan siklus I menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa menjadi delapan atau (66,67%) dari 12 orang siswa . pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan mencapai 10 orang (83,33 %) dari 12 siswa yang ada di kelas V SDN 2 Bulango Ulu kecamatan Bulango Ulu kabupaten Bone Bolango.
.
Kata kunci : Kosa Kata ,Laporan Pengamatan,pendekatan Konstekstual.
Download berkas