Penulis / NIM
YULINDA AHUDULU / 103812006
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Yulinda Ahudulu. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya
Alam Melalui Metode Scramble di Kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II
Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan metode scramble
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo
pada materi sumber daya alam?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme pada materi sumber daya alam melalui metode
scramble. Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi " jika guru menggunakan metode scramble
dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten
Gorontalo pada materi sumber daya alam akan meningkat. Metode penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam
melalui metode scramble. Hasil penelitian pada observasi awal 65,94 dengan jumlah siwa
yang mencapai ketuntasan 7 siswa (43,75%) meningkat menjadi 72,31 dengan jumlah siswa
yang mencapai ketuntasan 11 siswa atau 68,75% pada siklus I, sementara pada siklus II
sudah mencapai 76,95 dengan jumlah siwa yang mencapai ketuntasan 14 siswa atau 87,5%.
Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode scramble dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 33
Bongomeme Kabupaten Gorontalo
Kata kunci: Hasil Belajar, Sumber Daya Alam, Metode Scramble
Download berkas