SKRIPSI

Penulis / NIM
RIYANTO BLONGKOD / 103812008
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK Riyanto Blongkod 2014 Meningkatkan Kemampuan Berbalas Pantun Melalui Metode Latihan Di Kelas IV SDN 09 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Hj Ratnarti Fahrum, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode latihan kemampuan Berbalas pantun pada siswa kelas IV SDN 09 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? Adapun tujuan penelitian adalah Untuk meningkatkan kemampuan Berbalas pantun melalui metode latihan pada siswa kelas IV SDN 09 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui metode latihan, dan subjek dalam penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas IV SDN 09 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Hasil kemampuan siswa dalam Berbalas pantun anak melalui metode latihan dapat ditingkatkan, yang ditunjukan kemampuan siswa dalam Berbalas pantun minimal 75 % dari 21 orang jumlah seluruh siswa yang dikenai tindakan. Hal ini di tunjukan oleh hasil capain siswa rata-rata memperoleh nilai minimal 70 Dengan rincian perolehan sebagai berikut : Pada observasi awal kemampuan siswa dalam Berbalas pantun dari 21 jumlah siswa yang dikenai tindakan hanya 23 % yang telah mampu Berbalas pantun dengan baik, setalah dilakukan penelitian pada siklus I kemampuan siswa dalam Berbalas pantun anak melalui metode latihan siswa dengan perolehan nilai minimal 70 nampak 15 orang siswa atau 71 %. sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam Berbalas pantun anak telah meningkat hingga mencapai 95 % dari hasil sebelumnya. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulan bahwa melalui metode latihan pada siswa kelas IV SDN 09 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. hasil kemampuan siswa dalam Berbalas pantun anak meningkat. Kata kunci : Kemampuan Berbalas Pantun dan Metode Latihan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011