Penulis / NIM
SANTI JAIS HASAN / 103812009
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Santi Jais Hasan. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Pengaruh Matahari Bagi Bumi Melalui Metode Eksperimen. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo .Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr.
Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa dengan melalui metode eksperimen
hasil belajar materi Pengaruh Matahari Bagi Bumi dikelas II SDN 7 Telaga
Kabupaten Gorontalo akan meningkat hasil belajar siswa pada materi Pengaruh
Matahari Bagi Bumi dikelas II SDN 7 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini
bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan
metode eksperimen hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang
diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I.
Padasiklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar yaitu dari 56 % meningkat
menjadi 87 % atau indicator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dengan melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi Pengaruh Matahari Bagi Bumi di
Kelas II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengaruh Matahari Bagi Bumi, Metode Eksperimen
Download berkas